[LIVING INTENTIONALLY – IND] Menjadi Bahagia (Being Happy)

Apa sih arti bahagia?

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, bahagia berarti :

“Keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan).”

Lalu, bagaimana pengaplikasiannya? Apakah mendapatkan hadiah itu menjadikan seseorang bahagia? Mendapakatkan uang berlebih menjadi bahagia? Mendapatkan kenaikan jabatan menjadi bahagia? Menjadi pemimpin atau penguasa membuatnya bahagia? Mempunyai rumah dikawasan elite menjadikannya bahagia? Menutup pembelian 10 apartemen mewah di kawasan pusat kota membuatnya orang bahagia?

Dewasa ini manusia sering menjadikan uang dan kedudukan sebagai satu-satunya takaran dan ukuran menjadi bahagia. Padahal segala hal tersebut sungguh salah. Mengapa? Kembali kita ke atas, dan mendalami arti kata BAHAGIA menurut kamus besar bahasa Indonesia yang menurut saya sungguh sangat dalam.

Bahagia = keadaan atau perasaan SENANG dan TENTERAM

Mudah dinyatakan dan dikatakan. Tetapi apakah kita sungguh pernah mengalaminya? Saya rasa, bahkan saya sendiri juga termasuk, kita tidak pernah merasa BAHAGIA.

Anda mungkin akan mengatakan bahwa saya salah, anda sungguh berbahagia dengan promosi jabatan anda. Anda sungguh berbahagia karena anak anda bisa bersekolah tinggi di universitas ternama di luar negeri. Anda mungkin akan mengatakan kepada saya, saya bahagia bisa menggunakan pesawat pribadi untuk berpergian. Atau saya biasa menggunakan tas bermerek yang harganya setara dengan rumah gedong?

Tetapi kembali lagi akan saya tekankan. Bahagia berarti perasaan senang DAN tenteram. Tolong jangan hilangkan arti kata “DAN” disitu. Mengapa? Karena arti kata DAN itu adalah bersama-sama, tidak dapat dihilangkan satu sama lainnya. Berbeda dengan kata  ATAU yang berarti BISA SALAH SATU. Lalu apa hubungannya? Apa bedanya? Bukankah sama saja? Tetapi ketahuilah arti kata DAN ini sungguh krusial, yang mana bila salah satu dari kedua kata sebelum dan sesuah kata DAN itu tidak ada, maka saya menyebutnya dengan ILUSI KEBAHAGIAAN.

Mari saya jelaskan melalui contoh diatas sehingga memudahkan kita untuk mengerti.

  1. Anda merasa bahagia karena promosi jabatan anda. Lalu saya akan bertanya, apakah benar anda bahagia? Atau itu hanyalah sebuah ILUSI KEBAHAGIAAN? Begini maksud saya. Apakah anda sungguh merasa senang DAN tenteram jika anda mendapatkan promosi jabatan? Peningkatan promosi jabatan seiring dengan peningkatan pemasukan kantong anda yang akan semakin tebal, tetapi sadarkah anda bahwa peningkatan jabatan anda seiring pula dengan peningkatan KEWAJIBAN pekerjaan yang pastinya semakin banyak? Lalu, janganlah anda hanya bertanya kepada diri anda sendiri, “akankah saya bahagia dengan jumlah kantong saya yang tebal?” tetapi juga tanyakan pada diri anda “akankah saya tetap merasa senang DAN tenteram jika jumlah pekerjaan saya harus bertambah?” Tentramkah hati anda jika anda harus bekerja hingga larut malam karena jabatan anda? Atau hanya senang karena kantong anda sangat tebal akhir-akhir ini? Jika anda hanya merasa SENANG, itulah yang saya katakan sebagai ILUSI KEBAHAGIAAN.
  2. Mempunyai rumah dikawasan elite memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Menjadi dipandang terhormat atau orang kaya. Lalu, apakah anda merasa BAHAGIA dengan semua hal tersebut? Jika iya, maka bersyukurlah anda. Sebab sesungguhnya tahukah anda bahwa ada hantu yang mengiringi kesuksesan dan kehormatan atau kantong tebal anda itu? Taukah anda siapa hantu itu. Hantu itu adalah KETAKUTAN. Bagaimana bisa? Pernahkah anda berpikir seiring dengan disorotnya anda sebagai orang kaya, banyak sekali orang yang akan mengincar kekayaan anda? Bahagiakah anda dengan semua itu? Jika iya, maka bersyukurlah anda. Tidak banyak orang kaya yang sungguh merasa bahagia dengan hidupnya. Ketakutan mengincar. Ketakutan jika diminta sumbangan, atau sekedar minta “angpao” berlebih untuk beberapa pekerjaannya. Lalu, akankah orang kaya tersebut merasa SENANG DAN TENTRAM dalam hidupnya? Silahkan dijawab sendiri.

Dan masih banyak lagi contoh-contoh ILUSI KEBAHAGIAAN yang sekarang ini banyak dialami semua orang, termasuk saya sendiri. Saya selalu berfikir memiliki pekerjaan dan pemasukan yang baik akan membuat saya berbahagia. Sebab saya senang dengan jumlah nol yang banyak di rekening saya. Hanya saya, saya kemudian menyadari banyaknya masalah yang timbul dengan banyaknya angka nol di rekening saya tersebut. Saya jadi mempertanyakan sendiri apakah saya benar berbahagia atau hanya ilusi saja?

Saya tidak mengatakan bahwa manusia tidak perlu bekerja dan mencari uang. Bukan berarti anda tidak boleh memiliki apartemen mewah di kawasan elit. Saya hanya ingin anda menyadari bawasanya dewasa ini manusia sering lupa menjadi BAHAGIA.

Pesan saya hanya satu, jadilah BAHAGIA. Berbahagialah anda dengan yang anda miliki. Berbahagialah dengan jabatan anda sekarang. Sebab beban jabatan anda tidak dapat dirubah kecuali ANDA yang berubah. Jadilah bahagia, terimalah jabatan anda dengan sukarela dan senang hati. Jadilah bahagia, keluarlah dari jabatan anda jika anda tidak lagi merasa senang dan tentram dengan jabatan anda. Pindahlah dari apartemen mewah tersebut jika anda selalu merasa dihantui oleh orang-orang yang mengincar kekayaan anda dan pilihlah apartemen atau rumah yang menurut anda membuat anda BAHAGIA.

Jangan perdulikan kata orang.  Jangan andalkan orang lain untuk membuat anda BAHAGIA. Saya juga baru-baru ini mengerti. Bahwa saya berbahagia ketika saya menulis. Bahkan ketika saya tidak memiliki satu orang pembaca pun, saya tidak peduli. Karena saya hanya merasa BAHAGIA ketika menulis. Dan saya tidak perlu mengandalkan orang lain untuk membaca tulisan saya. Sebab saya sungguh BAHAGIA dengan membaca tulisan saya sendiri.

–WILMA–

Leave a Reply

