[RESENSI INDONESIA] Saman by Ayu Utami – Tanpa Spoiler

Title : Saman

Author : Ayu Utami

Language : Bahasa Indonesia

Publisher : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)

ISBN : 978-979-91-0570-7

Price : Rp. 50.000

Reading time : 4th February, 2017 – 5th February, 2017

Sinopsis 

Empat perempuan bersahabat sejak kecil. Shakuntala si pemberontak. Cok si binal. Yasmin si “jaim”. Dan Laia, si lugu yang sedang bimbang untuk menyerahkan keperawanannya pada lelaki beristri.

Tetapi diam-diam dua di antara sahabat itu menyimpan rasa kagum pada seorang pemuda dari masa silam : Saman, seorang aktivis yang menjadi buron dalam masa rezim militer Orde Baru. Kepada Yasmin, atau Lailakah, Saman akhirnya jatuh cinta?

RESENSI / REVIEW

Plot Cerita

Awalnya saya membeli buku ini karena ceritanya, dan tertarik oleh karena biografi pengarangnya. Saya berfikir, akankah penulis Indonesia memiliki kualitas sebaik penulis luar negeri? Namun ternyata saya salah, Ayu Utami langsung menjadi salah satu penulis favorit saya. Apa alasannya? Mudah saja.

  1. Ceritanya sangat kaya. Kaya yang saya maksud bukan kaya karena karakternya adalah orang kaya. Tetapi moral, sejarah, pemikiran-pemikiran Ayu yang dia tuliskan di buku ini sangat kaya. Saya jadi mengerti mengapa buku ini termasuk buku yang sangat “kontroversial” mengingat buku ini dikeluarkan saat Orde Baru (1997). Menurut saya Ayu sangat berani untuk menuliskan kritikannya dalam bentuk tersirat melalui sebuah novel romansa.
  2. Cerita cintanya bukan lovey dovey. Saya bukan pecinta cerita cinta yang “cheesy” atau cerita remaja. Para karakter memiliki cara mencintainya masing-masing.
  3. Konfliknya realistis. Terlalu realistis hingga saya tidak dapat mengoreksi lagi dimana letak keanehan jalan ceritanya.
  4. Penjelasan tentang seks yang sama sekali tidak vulgar. Saya ulangi sekali lagi, TIDAK VULGAR. Saya banyak membaca buku luar negeri yang menceritakan seks dengan cara yang jauh lebih vulgar. Menurut saya, penjelasan tentang seks yang dituliskan oleh Ayu sangat jauh dari kesan vulgar, bahkan menurut saya justru sangat indah. Indah dalam arti, Ayu menjadikan seks sebagai sesuatu yang indah. Begitu saja sih.

Kekurangan plot buku ini hanya satu. Unsur mistis yang tidak perlu dan tidak terselesaikan. Menurut saya kejadian-kejadian mistis disini kurang cocok dalam arti buku ini lebih mengutamakan konflik politik dan cinta. Jadi saya rasa unsur mistis disini menjadi tidak perlu.

Penulisan

Salah satu pujian yang didapatkan Ayu adalah mengenai cara tulisannya. Cara tulisannya yang unik dan terkesan berani. Model tulisan yang mungkin jarang dilakukan. Karena membingungkan. Jujur saya sempat bingung sedikit. Tetapi hal tersebut tidak mengurangi kualitas buku ini. Mengapa? Karena kebingungan saya hanya beberapa detik dan langsung dengan mudah mengetahui jalan ceritanya kembali. Jadi, menurut saya tidak bermasalah dan masih mudah dibaca untuk kalangan tertentu

Karakter

Saya tidak dapat menyebutkan karakter favorit saya. Setiap karakter yang Ayu tulis memiliki karakternya masing-masing dan terus terang saja, tanpa harus mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana warna matanya, atau bentuk tubuhnya, atau warna kulitnya, para karakter ini sungguh dapat menyiarkan auranya masing-masing dan menembus kertas menuju otak kita dengan mudah. Saya tidak bohong. Anda akan dapat membayangkan karakter-karakter Ayu ini dengan mudah

Secara keseluruhan

Pesan moralnya tersampaikan dengan mudah. Jalur ceritanya tidak monoton dan tidak mudah ditebak. Penulisannya indah. Karakternya memiliki suaranya masing-masing. Tidak ada lagi yang dapat saya keluhkan dari buku ini. Jadi tidak ada alasan bagi saya untuk tidak memberikan nilai 5.0/5.0.

Leave a Reply

